Bagaimana Hukum Menikahi Wanita yang Sedang Hamil, Begini Penjelasannya

Selasa, 03 Mei 2022 – 10:03 WIB
Bagaimana Hukum Menikahi Wanita yang Sedang Hamil, Begini Penjelasannya - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Hukum wanita hamil. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Setelah hari raya Lebaran biasanya banyak masyarakat Indonesia yang melangsungkan pernikahan.

Momen setelah hari raya dianggap waktu yang tepat untuk membangun atau membina rumah tangga karena kita telah kembali fitrah.

Namun, terkadang ada pernikahan yang dilangsungkan karena keadaan yang mendesak misalnya si perempuan sudah keburu hamil.

Dewasa ini, kasus seperti itu banyak terjadi di Indonesia. Bahkan, terkadang laki-laki yang menghamilinya enggan bertanggung jawab sehingga sang perempuan terpaksa menikah dengan lelaki lain.

Lantas, bagaimana hukumnya menikah dengan wanita hamil? Sahkah pernikahan tersebut menurut hukum Islam?

Bolehkah menikahi perempuan yang hamil bukan dengan calon pengantin pria?

Penghulu Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lubuklinggau Utara II Kota Lubuklinggau Abdul Rachman mencoba menjawab pertanyaan itu dari berbagai pendapat ulama.

Abdul mengatakan, empat mahzab yang umum diyakini oleh umat Muslim memiliki pendapat yang berbeda tentang pernikahan wanita hamil dengan pria yang menghamilinya.

Sampai sekarang masih banyak yang beingung tentang hukum menikahi wanita hamil. Bagaimana jika yang menikahi ternyata bukan yang menghamili? Berikut jawabannya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia