Epidemiolog UGM Ungkap 2 Alasan Jokowi Izinkan Masyarakat Melepas Masker

Kamis, 19 Mei 2022 – 13:35 WIB
Epidemiolog UGM Ungkap 2 Alasan Jokowi Izinkan Masyarakat Melepas Masker - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Alasan Jokowi izinkan melepas masker. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Masyarakat Indonesia saat ini sudah bisa melepas masker di tempat terbuka setelah mendapat izin langsung dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Keputusan itu cukup mengagetkan, mengingat masyarakat Indonesia baru saja selesai merayakan Idulfitri 1443 Hijriah.

Namun, Epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) dr. Riris Andono Ahmad mengatakan bahwa presiden memiliki dua alasan kuat dalam keputusan tersebut.

Pertama, pemerintah pusat yakin bahwa masyarakat Indonesia saat ini sudah memiliki kekebalan tubuh yang tinggi.

Hal itu dibuktikan dengan kemampuan kita saat menghadapi gelombang Covid-19 varian Omicron.

"Meskipun sekarang kita tahu bahwa herd immunity itu tidak akan terjadi, tetapi semakin banyak orang di populasi yang mempunyai kekebalan tubuh sehingga risiko penularannya menjadi rendah. Indonesia pada saat ini dalam situasi seperti itu," kata dr. Riris Andono, Rabu (18/5).

Alasan kedua, cakupan vaksinasi di Indonesia sudah sangat tinggi. Vaksin Covid-19 saat ini tersedia di mana saja dan mudah untuk didapatkan.

"Itulah yang mendasari kenapa pada situasi seperti ini sebenarnya tanpa menggunakan masker pun risiko penularan tidak akan meningkat secara cepat," ucap dia.

Presiden Jokowi secara mengejurtkan mengizinkan masyarakat untuk membuka masker di tempat terbuka yang tidak berkerumun. Ternyata, ini alasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News