Merayakan Hari Raya Kurban di Tengah Wabah PMK, Dengarkan Imbauan PP Muhammadiyah

Kamis, 23 Juni 2022 – 11:15 WIB
Merayakan Hari Raya Kurban di Tengah Wabah PMK, Dengarkan Imbauan PP Muhammadiyah - JPNN.com Jogja
ILustrasi - Merayakan Hari Raya Kurban di tengah wabah PMK. Foto: PT SRM

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Masyarakat Indonesia akan merayakan Iduladha 1443 Hijriah di tengah merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ribuan ternak diduga terjangkiti atau suspek PMK. Banyak ternak yang mati dan terpaksa disembelih.

Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Kurban 1443 Hijriah akan jatuh pada pada 9 Juli 2022.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengimbau masyarakat memilih ternak yang sehat untuk disembelih saat perayaan Iduladha.

"Sebaiknya sapi untuk kurban dipilih yang betul-betul sehat. Sebab, nanti dampaknya untuk kesehatan," kata Haedar di Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Rabu (22/6).

Menurut Haedar, memilih ternak yang sehat untuk kurban sudah sesuai dengan syariat Islam.

"Kami imbau juga kepada masyarakat umum supaya berkurban dan menyembelih hewan kurban yang sehat, sesuai dengan persyaratan," ujar dia.

Agar sebaran hewan kurban dapat menjangkau berbagai daerah, menurut dia, masyarakat juga dapat menyalurkan sebagian hartanya untuk membeli hewan kurban melalui Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LazisMu).

Masyarakat Jogja akan merayakan Hari Raya Kurban di tengah merebaknya wabah PMK. Dengarkan imbauan PP Muhammadiyah.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News