Pansus PKL Malioboro Ingatkan Pemkot Yogyakarta Agar Menjalankan Rekomendasi, jika tidak...

Jumat, 22 Juli 2022 – 19:10 WIB
Pansus PKL Malioboro Ingatkan Pemkot Yogyakarta Agar Menjalankan Rekomendasi, jika tidak... - JPNN.com Jogja
Teras Malioboro. Foto: M. Syukron Fitriansyah/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Panitia khusus relokasi PKL Malioboro dari DPRD Kota Yogyakarta telah menyampaikan 19 poin rekomendasi yang harus ditindaklanjuti oleh pemerintah setempat.

Rekomendasi yang dirumuskan oleh tim Pansus PKL Malioboro erat kaitannya dengan kesejahteraan PKL setelah direlokasi ke Teras Malioboro 1 dan 2.

Ketua Pansus PKL Malioboro Fokki Ardianto mengatakan jika rekomendasi tak kunjung dilaksanakan, pansus akan meminta para PKL dikembalikan ke tempat semula, yaitu di jalur pedestrian kawasan Malioboro.

"Kami berharap pada poin-poin rekomendasi yang mengarah pada kesejahteraan rakyat yaitu peningkatan pendapatan untuk pedagang yang sudah direlokasi," kata Fokki di Yogyakarta, Jumat (22/7).

Sejumlah poin rekomendasi yang mengarah pada aspek peningkatan pendapatan pedagang di antaranya memberikan pendampingan kepada PKL di Teras Malioboro.

Pansus juga merekomendasikan agar pengelolaan Teras Malioboro 2 dialihkan dari Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta ke Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta, sejalan dengan pengelolaan yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian DIY di Teras Malioboro 1.

Selain itu, pansus juga merekomendasikan agar dibuat jalur pengunjung sehingga sebaran pengunjung di Teras Malioboro 1 dan 2 merata karena saat ini masih ada kios yang dinilai sepi pengunjung.

Sedangkan bagi pendorong gerobak, Fokki menyebut sudah difasilitasi untuk alih profesi sebagai petugas kebersihan di Teras Malioboro 1 dan 2.

Pansus PKL Malioboro mengingatkan Pemkot Yogyakarta agar segera menjalankan rekomendasi yang telah diberikan. Jika tidak, ada konsekuensinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News