Mahfud MD Tegaskan Pemerintah tidak Islamofobia, Bandingkan dengan Orde Baru

Rabu, 27 Juli 2022 – 09:32 WIB
Mahfud MD Tegaskan Pemerintah tidak Islamofobia, Bandingkan dengan Orde Baru - JPNN.com Jogja
Menkopolhukam Mahfud MD tegaskan pemerintah tidak islamofobia. Foto: Humas UWM

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD hadir di Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai pembicara dalam dialog kebangsaan Imaji Satu Abad Indonesia, Selasa (26/7).

Pada kesempatan itu, Mahfud menegaskan bahwa pemerintahan saat ini tidak antiislam atau islamofobia.

Menurut Mahfud MD, orang Islam saat ini sudah bebas untuk mengekspresikan diri sebagai politisi, pejabat, dan intelektual.

"Fobianya di mana?" kata Mahfud.

Mahfud mengatakan wacana yang berkembang di media sosial tentang islamofobia di Indonesia, tidak tepat.

Mahfud membandingkan dengan apa yang terjadi pada zaman orde baru di mana banyak orang Islam yang enggan memunculkan identitas dirinya karena ada pembatasan dari pemerintah.

"Banyak profesor di UGM yang saya baru tahu kalau mereka orang NU (Nahdlatul Ulama) sesudah reformasi. Pada zaman orde baru enggak berani mengaku karena ada fobi. Sekarang, tidak ada fobia," katanya.

Mahfud juga menyinggung sebuah kebijakan yang diambil pada masa orde baru saat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef membatasi penggunaan busana muslim.

Menkopolhukam Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah saat ini tidak islamofobia atau takut terhadap umat Islam. Bandingkan dengan zaman orde baru.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News