Mahasiswa UGM Terapi ODGJ dengan Kesenian Menyimpul Benang

Jumat, 02 September 2022 – 10:47 WIB
Mahasiswa UGM Terapi ODGJ dengan Kesenian Menyimpul Benang - JPNN.com Jogja
Rehabilitasi ODGJ di Panti Kajembaran, Bantul. Foto: Dok. UGM

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Terapi merupakan hal yang penting untuk mempercepat pemulihan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ.

Panti rehabilitasi ODGJ biasanya memiliki cara-cara khusus untuk terapi pemulihan warga binaan mereka.

Di Panti Rehabilitasi ODGJ Kajembaran Rahmaniyah di Kecamatan Palbapang, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) biasanya menggunakan terapi spiritual, seperti zikir, salat dan membaca Al-Qur’an.

Universitas Gadjah Mada (UGM) kemudian menerjunkan mahasiswanya untuk melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Panti ODGJ Kajembaran.

Lima mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas di UGM kemudian membuat sebuah kegiatan yang bisa membantu untuk merehabilitasi ODGJ di panti Kajembaran.

Salah satu terapi yang digunakan adalah kegiatan seni kriya makrame atau kerajinan tangan simpul-menyimpul memakai benang.

Kelima mahasiswa tersebut adalah Ghazy Atha Fadlurahman (SV), John Feri Jr Ramadhan (SV ), Azis Bramantyo Susilo (FT), Dheyang Annisa Widayanti (FT), dan Safira Azzahra Rizwandi (FMIPA).

Kelimanya didampingi oleh dosen psikologi Drs. Haryanto.

Lima mahasiswa UGM membantu program rehabilitasi ODGJ di panti Kajembaran. Mereka menggunakan terapi menyulang benang.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia