PAD Kota Yogyakarta 2022 Berubah, Jadi Sebegini

Jumat, 02 September 2022 – 18:46 WIB
PAD Kota Yogyakarta 2022 Berubah, Jadi Sebegini - JPNN.com Jogja
Kantor Wali Kota Yogyakarta. Foto: M. Syukron Fitriansyah/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pendapatan asli daerah (PAD) Kota Yogyakarta ditargetkan mengalami kenaikan pada Rancangan APBD Perubahan 2022.

Kondisi pandemi Covid-19 yang kian menujukkan tren penurunan membuat Pemerintah Kota Yogyakarta yakin bisa meningkatkan target PAD tahun ini sebesar 7,65 persen.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi mengatakan perekonomian di Kota Yogyakarta akan makin membaik seiring melandainya kasus Covid-19 sehingga bisa meningkatkan PAD sebesar Rp 44,5 miliar.

Selain itu, alokasi pendapatan dari dana transfer pemerintah pusat menurun hingga Rp 6,1 miliar, tetapi transfer dari pemerintah daerah masih mengalami kenaikan sebesar Rp 21,7 miliar.

Dengan demikian, total PAD pada Rancangan APBD Perubahan 2022 Kota Yogyakarta mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp 1,7 triliun menjadi Rp 1,76 triliun.

Salah satu sumber pendapatan asli daerah berasal dari pajak daerah. Kota Yogyakarta saat ini mengelola sepuluh jenis pajak daerah.

Hingga akhir Agustus, sejumlah pajak daerah bahkan sudah mampu memenuhi target yang ditetapkan, di antaranya pajak hotel yang terealisasi 107 persen yaitu Rp 114,1 miliar dari target Rp 106,2 miliar.

Selain itu, realisasi pajak hiburan sudah mencapai 151 persen yaitu Rp 6 miliar dari target Rp 4 miliar, begitu pula dengan pajak air tanah dapat terealisasi 100,7 persen yaitu Rp 2,82 miliar dari target Rp 2,8 miliar.

Pemkot Yogyakarta menaikkan target pendapatan asli daerah pada rancangan APBD Perubahan 2022, jadi sebegini.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News