Musim Hujan Tiba, Begini Kualitas Udara di Yogyakarta

Selasa, 13 September 2022 – 13:01 WIB
Musim Hujan Tiba, Begini Kualitas Udara di Yogyakarta - JPNN.com Jogja
Begini kualitas udara di Kota Yogyakarta. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta telah memantau kualitas udara di Kota Yogyakarta menggunakan alat sensor dengan kemampuan radius hingga lima kilometer.

Sejumlah parameter yang yang dipantau di antaranya kandungan partikel di udara, karbon monoksida, nitrogen dioksida, sulfur dioksida, ozon, dan hidrokarbon.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Lingkungan Hidup DLH Kota Yogyakarta Sutomo mengatakan lokasi penempatan peralatan sensor kualitas udara ada di kantor DLH Kota Yogyakarta.

Berdasarkan hasil pengukuran pada Senin (12/9), parameter particulate matter (PM) 2,5 menunjukkan indeks dengan kondisi sedang, sementara untuk parameter lain dalam kondisi baik.

Menurut Sutomo, kualitas udara di Yogyakarta pada musim hujan biasanya menunjukkan kategori baik, yang berarti udaranya bersih dan segar.

“Memasuki musim hujan, kualitas udara di Kota Yogyakarta biasanya makin membaik. Indeks standar pencemar udara menunjukkan kategori baik,” kata dia.

DLH Kota Yogyakarta membagi indeks standar pencemar udara dalam lima kategori yaitu baik, sedang, tidak sehat, sangat tidak sehat, dan berbahaya.

Sutomo menyebutkan kualitas udara di Kota Yogyakarta tidak pernah menunjukkan indeks di bawah sedang.

Dinas Lingkungan Hidup telah mengukur kaulitas udara di Kota Yogyakarta. Begini hasilnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia