Milad ke-8, Ilkom UNY Ingin Terdepan Melawan Hoaks, 8 Buku Diterbitkan

Minggu, 02 Oktober 2022 – 20:15 WIB
Milad ke-8, Ilkom UNY Ingin Terdepan Melawan Hoaks, 8 Buku Diterbitkan - JPNN.com Jogja
Universitas Negeri Yogyakarta. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merayakan milad yang ke-8 pada Minggu (2/10).

Pada kegiatan yang bertajuk “Sewindu Ilkom Tumbuh Bersemi” itu, civitas academica Ilkom UNY turut merefleksikan arus informasi yang beredar luas sejak tumbuhnya digitalisasi media di Indonesia.

Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum Fakultas Ilmu Sosial UNY Prof Suranto mengatakan pada usianya yang ke-8 Prodi Ilkom harus berada di garda terdepan dalam mencetak lulusan yang handal melawan hoaks dan misinformasi.

Menurut dia, tantangan yang kini dihadapi oleh semua prodi Ilkom di Indonesia sangat kompleks. Era banjir informasi seperti saat ini membuat proses pengelolaan dan pengecekan informasi makin minim.

"Ilkom UNY bisa berkontribusi pada lahirnya profesional di bidang komunikasi yang tidak hanya cakap, tetapi juga bertangung jawab,” kata dia.

Menurut Suranto, Prodi Ilkom telah berkembang pesat sejak berdiri pertama kali pada 2014 lalu. Makin banyak calon mahasiswa yang tertarik memperdalam ilmu komunikasi di UNY.

"Delapan tahun lalu kami hanya menerima 40 mahasiswa, tetapi tahun ini jumlah mahasiswa barunya sudah mencapai 214 orang," ujar ketua Prodi Ilmu Komunikasi UNY Pratiwi Wahyu Widiarti.

Akan tetapi, kata dia, jumlah mahasiswa yang meningkat juga menjadi tantangan bagi Ilkom agar menghasilkan sarjana komunikasi yang bertanggung jawab.

Prodi Ilkom UNY merayakan milad yang kedelapan dengan menerbitkan delapan buku. Mereka ingin berada di garda terdepan dalam melawan hoaks.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia