Wapres Ma'ruf Amin: Santri Jangan Hanya Menguasai Ilmu Agama

Senin, 24 Oktober 2022 – 17:25 WIB
Wapres Ma'ruf Amin: Santri Jangan Hanya Menguasai Ilmu Agama - JPNN.com Jogja
Wapres Ma'ruf Amin saat memperingati Hari Santri Nasional di MBS Sleman. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin hadir dalam peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (24/10).

Pada kesempatan itu, Wapres meminta para santri di berbagai pondok pesantren tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi harus ikut memakmurkan Indonesia dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Santri ke depan harus menguasai ilmu agama, mengetahui, menguasai ilmu pengetahuan, dan teknologi untuk menjadi orang-orang yang bisa memakmurkan Indonesia," kata dia.

Menurut Wapres, kaum santri harus ambil bagian dalam mengoptimalkan pengelolaan sumber daya alam (SDA) Indonesia yang melimpah.

"Kita bersyukur diberikan SDA yang banyak sekali, yang lebih banyak dari negara-negara lain. Oleh karena itu, yang harus kita lakukan adalah menggali dan mengelola SDA yang diberikan Allah SWT kepada kita," ujar Wapres.

Menurut dia, untuk mencapai Indonesia Emas 2045, Indonesia perlu memiliki SDM unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain tetap memiliki peran pokok untuk mencetak para ahli agama Islam, Ma'ruf meminta pesantren mendorong para santri untuk ambil bagian dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Sekarang ini sesuai dengan eranya, kita hadirkan pesantren yang melahirkan mutafaqquh fiddin (ahli ilmu agama), tetapi santri-santri bisa memakmurkan bumi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata dia.

Wapres Ma'ruf Amin hadir di Yogyakarta untuk memperingati Hari Santri Nasional 2022. Dia berharap para santri tidak hanya menguasai ilmu agama.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News