Aktivitas Gunung Merapi Pekan Ini, 303 Kali Gempa Guguran

Minggu, 30 Oktober 2022 – 18:30 WIB
Aktivitas Gunung Merapi Pekan Ini, 303 Kali Gempa Guguran - JPNN.com Jogja
Gunung Merapi level 3. Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah masih terus mengeluarkan aktivitas kegempaan.

Pada pekan ini, 21-27 Oktober 2022, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat bahwa aktivitas kegempaan masih cukup tinggi.

Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso mengatakan Gunung Merapi pada pekan ini terpantau ada 14 kali lava pijar ke arah barat daya, dominan ke Sungai Bebeng dengan jarak luncur maksimal 1,5 kilometer.

"Suara guguran terdengar dari Pos Babadan sebanyak tujuh kali dengan intensitas sedang," kata Agus dalam keterangannya, Sabtu (29/10).

Meskipun begitu, menurut dia, tidak teramati adanya perubahan morfologi yang signifikan dari kubah barat daya dan kubah tengah. Volume kubah terhitung tetap, yaitu untuk kubah lava barat daya sebesar 1.626.000 m3 dan kubah tengah sebesar 2.772.000 m3.

Pada pekan ini aktivitas kegempaan Gunung Merapi tercatat 247 kali gempa Vulkanik Dalam (VTA), 70 kali gempa Fase Banyak (MP), 303 kali gempa Guguran (RF), 25 kali gempa Hembusan (DG), dan 1 kali gempa Tektonik (TT).

"Intensitas kegempaan pada minggu ini masih cukup tinggi. Deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM pada minggu ini tidak menunjukkan perubahan yang signifikan," ucap Agus.

Selain itu, pada minggu ini terjadi hujan Gunung Merapi diamati dari Pos Kaliurang dengan intensitas curah hujan sebesar 38 milimeter per jam selama 95 menit 21 Oktober 2022.

Gunung Merapi masih berstatus level 3 atau siaga. Pekan ini mengeluarkan 303 kali gempa guguran.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia