Ini Tempat Pengolahan Sampah Anorganik di Yogyakarta, Sedang Dipersiapkan

Rabu, 02 November 2022 – 21:03 WIB
Ini Tempat Pengolahan Sampah Anorganik di Yogyakarta, Sedang Dipersiapkan - JPNN.com Jogja
Ilustrasi kegiatan Bank Sampah. Foto: dok website KLHK

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta sedang mempersiapkan lokasi yang akan menjadi tempat pemisahan dan pengolahan sampah anorganik.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta ingin agar sampah-sampah anorganik tidak semuanya dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Piyungan.

Kepala DLH Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto mengatakan mereka saat ini sedang mempersiapkan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Nitikan 2 agar menjadi pendukung TPA Piyungan.

Menurut dia, sampah anorganik yang terbuang ke TPA Piyungan akan menghambat proses penguraian sampah sehingga kapasitas maupun usia pakai TPA akan cepat habis.

Oleh karena itu, DLH Kota Yogyakarta membutuhkan lokasi yang bisa menjadi tempat pengolahan sampah anorganik.

Selain memilah dan mengelola sampah anorganik, TPST Nitikan 2 tersebut juga akan tetap melayani pengelolaan sampah organik guna mendukung fungsi TPST Nitikan 1.

TPST Nitikan 1 selama ini digunakan untuk pengelolaan sampah organik khususnya sisa-sisa dari pemangkasan pohon perindang yang juga dilakukan DLH Kota Yogyakarta. Sampah organik dikelola menjadi kompos dan produk sampah organik lainnya.

Pada APBD Perubahan 2022, DLH Kota Yogyakarta mengalokasikan anggaran untuk pembuatan pagar di sekeliling TPST Nitikan 2 yang memiliki luas sekitar 3.500 meter persegi dan dilanjutkan dengan pekerjaan fisik pada tahun anggaran 2023.

Pemkot Yogyakarta sedang mempersiapkan tempat pengolahan sampah anorganik demi memperpanjang umur TPA Piyungan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News