Begini Proses Pemilihan Ketum PP Muhammadiyah, Dijamin Bebas Intervensi

Rabu, 16 November 2022 – 20:06 WIB
Begini Proses Pemilihan Ketum PP Muhammadiyah, Dijamin Bebas Intervensi - JPNN.com Jogja
Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir saat menjelaskan persiapan Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Solo. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan memilih ketua umum yang baru pada Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 di Solo, Jawa Tengah pada 19 November 2022.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menjelaskan bagaimana proses seleksi dan penentuan ketua dan ketua umum yang baru pada muktamar.

Dia menjamin proses pemilihan Ketum PP Muhammadiyah bebas dari intervensi, baik internal maupun eksternal.

"Tidak memungkinkan ada intervensi dari dalam maupun dari luar, termasuk dari luar angkasa sehingga proses itu akan berjalan objektif," katanya saat konferensi pers di Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Cik Ditiro, Yogyakarta, Rabu (16/11).

Dia menjelaskan bahwa proses seleksi calon ketum PP Muhammadiyah sudah berlangsung secara berjenjang dua tahun sebelum muktamar sehingga tidak mungkin ada nama calon baru yang muncul secara mendadak.

"Dua tahun sebelumnya sudah melalui proses seleksi yang luar biasa, maka tidak akan ada tambahan di tengah jalan, siapa pun dia," ucapnya.

Pada 18 November 2022 atau sehari sebelum Muktamar Muhammadiyah ke-48, kata dia, Sidang Tanwir akan mengeluarkan sebanyak 39 nama calon dari hasil seleksi panitia pemilihan selama dua tahun.

Berikutnya, pada 19 November 2022 atau pada malam hari setelah muktamar dibuka, akan dipilih 13 nama dari 39 calon tersebut untuk menjadi pimpinan pusat Muhammadiyah yang kemudian akan memilih ketua umum.

Muhammadiyah akan menggelar Muktamar ke-48 di Solo. Akan ada proses pemilihan ketua dan ketua umum yang baru. Begini prosesnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia