Luar Biasa, Hotel-Hotel di Jogja Laris Diserbu Pelancong

Senin, 26 Desember 2022 – 18:16 WIB
Luar Biasa, Hotel-Hotel di Jogja Laris Diserbu Pelancong - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Tingkat okupansi hotel di Jogja. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Tingkat hunian atau okupansi hotel-hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meningkat 100 persen atau dua kali lipat selama masa liburan Natal 2022.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranawa Eryana.

Dia mengatakan tingkat okupansi yang mengalami kenaikan signifikan adalah hotel bintang dua ke atas, terutama di Kota Yogyakarta dan Sleman.

Dia memprediksi bahwa tingkat okupansi yang tinggi tersebut akan berlangsung selama pekan terakhir Desember, terhitung mulai Senin (26/12) hingga Sabtu (31/12). Rata-rata okupansi seluruh hotel di DIY selama libur akhir tahun berkisar di angka 85 persen.

Menurut dia, rata-rata tingkat okupansi hotel selama libur akhir tahun tersebut juga sangat menggembirakan dan di luar dugaan karena sebelumnya PHRI DIY hanya memperkirakan rata-rata okupansi di kisaran 80 persen.

"Ini patut disyukuri bersama. Bahkan tingkat okupansi yang cukup baik tersebut tidak hanya dirasakan oleh pelaku usaha hotel berbintang saja, tetapi juga pelaku usaha hotel nonbintang dan penginapan-penginapan kecil," katanya.

Usaha akomodasi wisata, lanjut Deddy, sudah mulai bangkit dari keterpurukan yang sempat dirasakan selam masa pandemi Covid-19 yang disertai dengan berbagai aturan pembatasan aktivitas, termasuk aktivitas wisata.

"Kondisi yang sudah baik ini harus terus dijaga dan terus ditingkatkan sehingga roda perekonomian tetap berjalan," katanya.

Selama libur panjang Natal 2022 tingkat okupansi hotek di Jogja meningkat 100 persen. Hotel berbintang sampai penginap ludes diserbu pelancong.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia