Tips Memasak Nasi Liwet yang Sedap dan Gurih, Hanya Pakai Rice Cooker

Kamis, 23 Maret 2023 – 12:02 WIB
Tips Memasak Nasi Liwet yang Sedap dan Gurih, Hanya Pakai Rice Cooker - JPNN.com Jogja
Tips memasak nasi liwet. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Makan sahur merupakan kegiatan yang dianjurkan bagi orang Islam saat menjalankan ibadah puasa.

Sahur idealnya dilakukan satu jam sebelum waktu imsak tiba agar kita berkesempatan memilih makanan dengan kadar gizi yang seimbang.

Salah satu menu sahur yang mungkin bisa Anda sediakan adalah nasi liwet. Ternyata, nasi liwet yang gurih dan nikmat juga bisa dimasak menggunakan penanak nasi (rice cooker).

Kepala Chef restoran Talaga Sampireun, Egy, mengatakan bahwa ternyata tidak ada perbedaan rasa bila memasak nasi liwet secara tradisional atau dengan panci kastrol atau rice cooker.

Namun, cara masak yang salah akan membuat nasi liwet terasa kurang nikmat, bahkan bisa gagal. Chef yang telah 28 tahun melakoni dunia kuliner itu menyebut banyak orang sering keliru pada implementasi urutan tahap memasak nasi liwet.

Pertama, masukkan beras yang telah dicuci bersamaan dengan sereh, lengkuas, daun salam, dan santan.

Setelah nasi setengah matang, campurkan bumbu-bumbu seperti garam, gula, dan sedikit penyedap rasa. Jika nasi sudah matang, ikan teri yang sudah digoreng baru boleh dicampurkan.

"Seringnya orang salah di situ, memasukkan semua bahannya sekaligus di awal. Ini akan menyebabkan nasi terkontaminasi ikan teri, misalnya jadi terlalu asin atau amis," ujar Egy saat ditemui di Jakarta, Rabu.

Jika Anda ingin memasak nasi liwet sendiri, caranya gampang. Bisa pakai rice cooker, asal bahan dan tata caranya dilakukan dengan benar.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia