5 Tips Agar tidak Mengantuk Saat Berpuasa

Senin, 10 April 2023 – 11:20 WIB
5 Tips Agar tidak Mengantuk Saat Berpuasa - JPNN.com Jogja
Ilustrasi tidur saat bulan puasa. Foto: Ricardo/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Orang yang berpuasa biasanya mudah mengantuk karena kondisi tubuh yang lemas. Padahal, banyak pekerjaan, kegiatan atau ibadah bulan Ramadan yang bisa dijalankan meskipun sedang berpuasa.

Orang berpuasa memang diperbolehkan untuk tidur siang, tetapi sebaiknya tidak terlalu lama karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Vice President of Business Innovation & Development ParagonCorp, Alfia Wardah mengatakan cara untuk menghindari kantuk saat berpuasa adalah menerapkan gaya hidup kesehatan holistik yang selaras dengan tujuan puasa Ramadan, yaitu mencapai keseimbangan tubuh, emosi, pikiran, dan energi di dalam diri.

“Dengan menjalankan gaya hidup kesehatan holistik yang bermakna sehat secara menyeluruh, diharapkan tubuh bisa tetap terjaga fit sehingga ibadah dapat lebih dijalankan dengan lebih optimal dan aktivitas sehari-hari pun menjadi tidak terganggu meski sedang berpuasa,” kata Alfia.

Dia berbagi lima tips yang bisa dijalankan agar seseorang mencapai kesehatan holistik meskipun sedang berpuasa:

1. Jangan tinggalkan sahur
Sahur bisa diibaratkan sebagai pondasi yang dibutuhkan tubuh untuk bisa menjalankan puasa dengan lancar seharian penuh. Menjalankan puasa tanpa sahur dapat menyebabkan kadar gula darah pada tubuh menjadi makin rendah sehingga jadi lebih mudah mengantuk.

Selain itu, pastikan konsumsi makanan bernutrisi seimbang saat sahur seperti daging, sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, serta sumber protein lainnya yang cenderung lambat dicerna oleh tubuh.

2. Olahraga rutin
Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Malahan, melakukan olahraga ringan sangat dianjurkan selama menjalankan puasa Ramadan sehingga tubuh lebih bugar dan tak mudah mengantuk.

Saat berpuasa kita sering mengantuk karena tubuh menjadi lemas. Nah, berikut ini lima tips agar kita bisa berpuasa tanpa rasa kantuk yang berlebihan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News