Solidaritas dari Jogja untuk Tragedi Kanjuruhan

Senin, 02 Oktober 2023 – 13:34 WIB
Solidaritas dari Jogja untuk Tragedi Kanjuruhan - JPNN.com Jogja
Aksi Jaringan Solidaritas Tragedi Kanjuruhan di Tugu Jogja. Foto: Dok. Social Movement Institute (SMI)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sejumlah massa yang tergabung dalam Jaringan Solidaritas Tragedi Kanjuruhan Jogja menggelar aksi di kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta ada Minggu (1/10).

Aksi itu dilakukan untuk memperingati satu tahun tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang membuat 135 nyawa melayang. 

Dalam aksinya sejumlah massa membawa berbagai poster sebagai wujud solidaritas dan tuntutan kepada pemerintah agar kasus ini diusut hingga tuntas.

Jaringan Solidaritas Tragedi Kanjuruhan Jogja menyatakan beberapa sikap terkait masalah ini dalam aksi tersebut. 

Eko Prasetyo dari Social Movement Institute (SMI) mengatakan bahwa jaringan masyarakat sipil di Jogja mendukung dan akan membersamai perjuangan warga Malang dan keluarga korban Tragedi Kanjuruhan.

Solidaritas dari Jogja untuk Tragedi KanjuruhanAksi Jaringan Solidaritas Tragedi Kanjuruhan di Tugu Jogja. Foto: Dok. Social Movement Institute (SMI)

“Peristiwa ini terjadi di Malang, tetapi lihatlah kami di Yogyakarta ini, ikut membela dan berjuang hingga kasus ini diusut tuntas,” kata Eko.

Aksi massa meminta agar Tragedi Kanjuruhan ditetapkan sebagai pelanggaran hak asasi manusi (HAM) berat.

Sejumlah massa berkumpul di sekitar Tugu Pal Putih memperingati satu tahun tragedi Kanjuruhan. Mereka menyampaikan beberapa tuntutan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News