2 Tersangka TPPO Ditangkap Polisi di Bandara Yogyakarta

Selasa, 07 November 2023 – 19:25 WIB
2 Tersangka TPPO Ditangkap Polisi di Bandara Yogyakarta - JPNN.com Jogja
Rilis kasus TPPO di Polda DIY. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dua tersangka tindak pidana perdagangan orang (TPPO) berinisial NA (32) dan JN (59) ditangkap oleh Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta karena mengirimkan calon pekerja migran ke Qatar.

Wadirreskrimum Polda DIY AKBP Tri Panungko mengatakan kedua tersangka itu ingin memberangkatkan calon pekerja migran tanpa prosedur yang benar.

"Setiap berhasil memberangkatkan pekerja migran Indonesia ke luar negeri setelah sampai ke negara tujuan, tersangka akan mendapatkan fee," kata Panungko saat konferensi pers di Mapolda DIY, Selasa (7/11).

Panungko mengatakan aksi NA, warga Jakarta Timur dan JN warga Jawa Barat terungkap setelah mereka berencana memberangkatkan dua korban melalui Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulon Progo pada 21 Oktober 2023.

Tersangka awalnya mengatakan bahwa dua korban itu akan dipekerjakan sebagai asisten rumah tangga di Qatar melalui proses yang cepat.

Namun, rencana pemberangkatan itu digagalkan oleh Tim Opsnal Jatanras Ditreskrimum Polda DIY pada 21 Oktober 2023 setelah menerima informasi dari Kantor Imigrasi dan BP3MI Bandara YIA tentang penundaan keberangkatan tiga orang dewasa berinisial NS, RN, dan NA, bersama dengan satu anak NA berusia enam tahun.

Mereka adalah calon penumpang pesawat dari salah satu maskapai penerbangan ke Singapura sebagai pekerja migran Indonesia (PMI), tetapi mereka tidak memiliki dokumen yang sah.

Setelah diperiksa, NA ditetapkan sebagai tersangka. Pada 2 November 2023, polisi mengembangkan kasus tersebut dan menangkap tersangka lain berinisial JN (59).

Anggota Polda DIY dan petugas imigrasi Yogyakarta mengagalkan rencana pemberangkatan dua calon pekerja migran yang tidak memenuhi prosedur.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia