Petani Diminta Mematuhi Musim Tanam

Kamis, 07 Desember 2023 – 19:33 WIB
Petani Diminta Mematuhi Musim Tanam - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Lahan pertanian di Jogja. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Petani di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diminta untuk mematuhi musim tanam dengan mempercepat pengolahan sawah agar masa tanam tidak mundur terlalu lama.

Ketua Tim Kerja Pengembangan Usaha Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Kirmi, mengatakan bahwa percepatan pengolahan lahan dapat dicapai melalui kerja sama dengan operator alsintan lokal lainnya.

"Kami upayakan adanya asosiasi traktor di Kulon Progo ke depan dalam rangka percepatan olah tanah," kata Kirmi.

Ia meminta petani untuk mematuhi peraturan musim tanam yang ditetapkan oleh peraturan bupati agar tanam serentak dan mencegah serangan hama.

Tingginya suhu dari Agustus hingga Oktober 2023 telah membuat tanah kering dan penurunan produksi padi di beberapa daerah.

"Hal ini berdampak pada pembasahan tanah sawah yang lebih lama," katanya.

Heri Sugiyanto, staf Bidang Produksi dan Perlindungan Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo mengatakan bahwa luas tanam yang mundur masa tanamnya di Nanggulan seluas 352 hektare.

"Kami berupaya bersama jajaran penyuluh pertanian mendorong percepatan olah lahan dan tambah tanam," ujar Heri.

Dinas Pertanian Kulon Progo meminta petani untuk mematuhi musim tanam agar panen serentak dan menghindari serangan hama.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia