Akan Ada Jalan Layang Baru di Kulon Progo, Total Nilai Proyek Rp 275 Miliar

Selasa, 16 Januari 2024 – 12:05 WIB
Akan Ada Jalan Layang Baru di Kulon Progo, Total Nilai Proyek Rp 275 Miliar - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Jalan layang atau fly over. FOTO: ANTARA/Irsan Mulyadi/ss/nz/09

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pembangunan proyek jalan layang di Triharjo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan segera dimulai oleh pemerintah setempat.

Proyek bernilai Rp 275 miliar ini akan membentang di atas rel kereta api yang melintasi wilayah Triharjo.

Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan tahap pertama yang dilakukan adalah proses pengadaan tanah seluas 6.725 meter persegi untuk pembangunan jalan layang yang diperkirakan menghabiskan biaya senilai Rp 18 miliar.

Menurut dia, keberadaan jalan layang di Kabupaten Kulon Progo bisa mendukung potensi pariwisata, mempermudah akses masyarakat sehari-hari, dan mengurangi potensi kecelakaan di wilayah perlintasan kereta api.

"Kami berharap pembangunan jalan layang ini dapat mendukung proyek strategis nasional (PSN), seperti pengembangan wilayah aerotropolis dan jalan tol tiga segmen," katanya.

Ni Made juga mengatakan pembangunan jalan layang ini juga penghubung exit/entry tol wates-jalan nasional Kawasan sekitar exit/entry tol di Wates letaknya relatif dekat dengan lokasi rest area di Kaliagung, Sentolo.

Pemkab Kulon Progo berencana mengoptimalkan potensi UMKM dan IKM untuk dapat mengisi tenant-tenant di Rest Area Kaliagung, serta pemberdayaan SDM lokal sebagai pekerja di Rest Area Kaliagung.

Selain itu juga mengoptimalkan potensi yang sudah ada di sekitar kawasan exit/entry Tol di Wates.

Pemkab Kulon Progo sedang membangun jalan layang di Triharjo dengan nilai proyek mencapai Rp 275 miliar.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia