Pemkab Kulon Progo Suntik Dana Rp 88 Miliar ke PDAM Tirta Binangun, Dipertanyakan DPRD

Jumat, 23 Februari 2024 – 08:38 WIB
Pemkab Kulon Progo Suntik Dana Rp 88 Miliar ke PDAM Tirta Binangun, Dipertanyakan DPRD - JPNN.com Jogja
Rapat DPRD Kulon Progo dengan Pemkab Kulon Progo soal PDAM Tirta Binangun. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, DIY, memberikan penambahan modal sebesar Rp 88 miliar untuk PDAM Tirta Binangun.

Kebijakan itu mendapat pertanyaan dari Panitia Khusus Pembahas Rancangan Peraturan Daerah tentang Perumda Tirta Binangun DPRD Kabupaten Kulon Progo.

Juru Bicara Pansus Rancangan Peraturan Daerah tentang Perumda Tirta Binangun DPRD Kulon Progo Agus Supriyanta mengatakan pemerintah harus menjelaskan urgensi penambahan modal tersebut.

"Apabila melihat modal sesuai Perda Kulon Progo Nomor 6 tahun 2020, saat ini bagaimana dengan kinerja Perumda Air Minum Tirta Binangun? Mohon penjelasannya juga terkait peningkatan kinerja apa yang ingin dicapai dengan penambahan modal tersebut," kata Agus saat membacakan pandangan pansus dalam rapat paripurna di DPRD Kulon Progo.

Ia mengatakan berdasarkan pencermatan dan pembahasan terhadap Raperda tentang Perubahan Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perusahaan Umum Daerah Air minum Tirta Binangun, pansus mempertanyakan capaian kinerja Perumda Air Minum Tirta Binangun.

"Mohon disampaikan upaya yang telah dilakukan untuk menggandeng investor dari pihak luar dan investor dari mana saja yang telah bekerja sama selama ini," katanya.

Selain itu, kata Agus, pansus mempertanyakan inovasi strategi baru untuk bersaing dengan produk air minum dari perusahaan yang lebih besar.

"Saat ini, perlu ada inovasi dan strategis khusus dalam penyediaan air bersih," katanya.

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo memberikan suntikan dana sebesar Rp 88 miliar ke PDAM Tirta Binangun. Kebijakan itu mendapat sorotan dari DPRD.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia