Seorang Warga Gunungkidul Suspek Antraks

Jumat, 08 Maret 2024 – 10:50 WIB
Seorang Warga Gunungkidul Suspek Antraks - JPNN.com Jogja
Lahan bekas ditemukannya kasus antraks. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Seorang warga Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, dilaporkan sedang suspek penyakit antraks dan sedang dirawat di RSUD Prambanan, Kabupaten Sleman.

Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul saat ini sedang mengunjungi pasien tersebut untuk mengetahui detail kondisi yang bersangkutan.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan mereka mendapat kabar tersebut dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

"Kami dapat info kemarin siang menjelang sore. Ada satu warga Gedangsari suspek antraks dan dirawat di RSUD Prambanan," kata Dewi, Jumat (8/3).

Ia mengatakan saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan terkait penanganan selanjutnya.

Selain itu, lanjut Dewi, Dinkes telah menurunkan tim untuk melakukan survei di lapangan, termasuk cek kesehatan hewan, pendataan hewan sakit, apakah ada warga yang mengonsumsi daging hewan yang mati dan pengambilan sampel

"Kami belum bisa melaporkan secara lengkap, baru melacak di lapangan. Kami akan melihat dahulu apakah ada gejala dari warga lain. Saat ini memang sudah ada satu yang suspek antraks," katanya.

Lebih lanjut, Dewi mengimbau agar masyarakat tidak mengonsumsi daging ternak yang sedang sakit atau mati.

Seorang warga Gunungkidul dilaporkan sedang suspek antraks dan saat ini dirawat di RSUD Prambanan, Sleman.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia