Rektor UIN Sunan Kalijaga Meminta Wisudawan Tak Khawatir dengan AI

Rabu, 15 Mei 2024 – 10:01 WIB
Rektor UIN Sunan Kalijaga Meminta Wisudawan Tak Khawatir dengan AI - JPNN.com Jogja
Prosesi wisuda mahasiswa UIN Sunan Kalijaga pada Selasa (14/5). Foto: Humas UIN Sunan Kalijaga

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta melangsungkan acara wisuda untuk 1.077 mahasiswanya pada Selasa (14/5).

Wisuda periode III Tahun Akademik 2023/2024 tersebut terdiri dari 743 orang lulusan Sarjana (S1), 316 orang lulusan Magister (S2) dan 18 orang lulusan Program Doktor (S3).

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof Al Makin berharap lulusan UIN Sunan Kalijaga tidak berkecil hati menjadi Sarjana Muslim di tengah perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Menurut Al Makin, menonton film fiksi sains secara tidak langsung dapat menimbulkan kekhawatiran akan tergantinya peran manusia oleh robot.

"Ada lagi film berjudul Ex-machine tahun 2014. Robot yang melawan penciptanya dan menang. Ini mempengaruhi mental kita semua bahwa suatu saat manusia dikalahkan ciptaannya sendiri,” katanya. 

Dosen lulusan McGill University, Montreal, Kanada tersebut mengingatkan mahasiswanya untuk tidak khawatir berlebihan. 

Ia menyebut manusia telah berkali-kali mengalami revolusi dan mengubah masyarakat manusia itu sendiri.

"AI adalah alat manusia, memudahkan urusan manusia, dan membantu kerja lebih cepat. Maka gunakan AI sebaik baiknya untuk kesejahteraan umat manusia dan kelestarian alam semesta," ujarnya. (mcr25/jpnn)

Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Al Makin berharap wisudawan tak khawatir dengan adanya kecerdasan buatan.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News