150 Peneliti Indonesia Masuk Daftar Ilmuan Berpengaruh di Dunia, 7 Dosen UGM

Senin, 23 September 2024 – 18:40 WIB
150 Peneliti Indonesia Masuk Daftar Ilmuan Berpengaruh di Dunia, 7 Dosen UGM - JPNN.com Jogja
Kampus Universitas Gadjah Mada. Foto: Humas UGM

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Stanford University dan Elsevier baru saja merilis daftar World’s Top 2 Percent Scientist 2024 atau dua persen ilmuan yang paling berpengaruh.

Dari ribuan nama, ada 150 orang Indonesia yang masuk dalam dafatar dua persen ilmuan berpengaruh di dunia pada 2024.

Mereka disebut berpengaruh karena hasil riset yang sudah dilakukan dan dampak sitasi karya ilmiah dalam dunia akademik atau yang paling banyak dikutip maupun jadi rujukan peneliti lainnya.

Dari ratusan orang itu, ada tujuh dosen Universitas Gadjah Mada (UGM).

Ketujuh dosen UGM yang masuk dalam dafar dua persen ilmuan berpengaruh di dunia, adalah Prof Abdul Rohman dari Fakultas Farmasi, Prof Muh Aris Marfai dari Fakultas Geografi, Prof Ahmad Maryudi dari Fakultas Kehutanan, Ganjar Alfian dari Sekolah Vokasi, Eka Noviana dari Fakultas Farmasi, Muhammad Akhsin Muflikhun dari Fakultas Teknik, dan Prof Jumina dari Fakultas MIPA.

Eka Noviana mengaku tidak menyangka bahwa namanya ada dalam daftar tersebut karena dia baru memulai karier sebagai peneliti.

“Suatu kehormatan bagi saya bisa masuk dalam daftar tersebut. Sebagai early career researcher, saya pribadi merasa masih sangat jauh dari figur peneliti berpengaruh. Semoga kedepannya saya bisa terus berkembang menuju kesana,” katanya merendah.

Menurut Eka, dia banyak menghasil publikasi tentang pengembangan alat uji berbasis kertas untuk pengujian atau diagnostik cepat yang rendah biaya dan dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna.

Ada 150 orang Indonesia yang masuk daftar dua persen ilmuan berpengaruh di dunia. Tujuh di antaranya ada di UGM.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News