BPIP Usulkan KKN Pancasila, Begini Respons UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Selasa, 28 Desember 2021 – 17:00 WIB
BPIP Usulkan KKN Pancasila, Begini Respons UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta - JPNN.com Jogja
Kepala BPIP Yudian Wahyudi. Foto: ANTARA/Teuku Dedi Iskandar

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengusulkan agar perguruan tinggi segera mengadakan program kuliah kerja nyata (KKN) bertema Pancasila.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah salah satu PTN yang didorong agar segera menerapkan KKN Pancasila. 

Yudian mengatakan, pembelajaran Pancasila di pendidikan tinggi harus lebih menggunakan metode alternatif agar lebih dialogis dan tepat sasaran. 

"Di antara metode pembelajaran alternatif pada level perguruan tinggi adalah melalui KKN bertema Pancasila," kata dia dalam siaran pers di Yogyakarta, Selasa.

Dia berharap, dengan adanya pembelajaran Pancasila berbasis fakta interaksi sosial di lapangan melalui KKN, bisa memperkuat wawasan kebangsaan dan ideologi Pancasila.

Yudian mengatakan, KKN Pancasila tidak hanya akan menambah pengetahuan mahasiswa, tetapi juga memberikan poin tambahan pembelajaran karena menawarkan pengalaman langsung.

"KKN Pancasila merupakan wujud dari pembelajaran berbasis pengalaman yang mengedepankan taaruf. Dari sini, mahasiswa diharapkan memiliki sikap arif, sifat yang lebih luhur daripada sifat alim yang cenderung fokus pada kognisi," katanya.

Merespons ide dari ketua BPIP, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Muhrisun, menyambut baik gagasan KKN Pancasila.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengusulkan KKN Pancasila agar diterapkan oleh PTN, seperti ini respons UIN sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News