Hebat, Mahasiswa UNY Buat Aplikasi Deteksi Usia Melalui Foto Wajah

Rabu, 08 Desember 2021 – 11:20 WIB
Hebat, Mahasiswa UNY Buat Aplikasi Deteksi Usia Melalui Foto Wajah - JPNN.com Jogja
Tim UNY yang merancang aplikasi pendeteksi usia dan jenis kelamin melalui foto wajah (Foto: Dok. humas UNY)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Tiga mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil membuat sebuah aplikasi yang mampu mendeteksi usia dan jenis kelamin seseorang melalui foto wajah.

Ketiga mahasiswa itu berasal dari program studi statistika Fakultas MIPA UNY, yakni Anthony Fioren H, Mohammad Damarjati P, dan Syukron Abdul A.

Mereka merancang aplikasi tersebut dengan menggunakan data latih berupa gambar wajah manusia dengan informasi usia dari wajah tersebut, agar komputer dapat mengenali usia dan jenis kelamin dari wajah manusia.

“Penentuan jenis kelamin serta usia dari citra dilakukan dengan menggunakan algoritma dan metode-metode pengolahan citra digital” kata Anthony Fioren.

Cara kerja aplikasi tersebut adalah dengan mengekstrak bagian wajah manusia dalam gambar, lalu diolah sehingga output yang dikeluarkan adalah usia dan jenis kelaminnya.

Mohammad Damarjati menambahkan, langkah awal dalam pemrosesan data adalah menggunakan ekstraksi wajah, split data, dan augmentasi gambar.

“Permodelannya menggunakan snapshot ensemble karena dapat menyimpan beberapa model sekaligus dalam satu kali proses training” katanya.

Syukron Abdul menjelaskan, untuk mengekstraksi wajah digunakan Algoritma Multi-Task Cascaded Convolutional Neural Network (MTCNN) karena mampu mengenali wajah dari berbagai sudut pandang.

Data yang didapatkan, kemudian dibagi menjadi 2 yaitu data train yang nantinya akan menjadi data yang akan dibaca atau dipelajari oleh mesin, dan data validation yang nanti akan menjadi alat uji atau pengecekan dalam project yang dilakukan.

Tiga mahasiswa UNY berhasil menciptakan sebuah aplikasi pendeteksi usia dan jenis kelamin seseorang hanya melalui foto wajah.
Sumber Humas UNY

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News