Jangan Terburu-buru Merelokasi PKL Malioboro, Bereskan Dahulu Hal Ini

Selasa, 25 Januari 2022 – 18:30 WIB
Jangan Terburu-buru Merelokasi PKL Malioboro, Bereskan Dahulu Hal Ini - JPNN.com Jogja
Permintaan terakhir PKL Malioboro sebelum direlokasi (Foto: M. Syukron Fitriansyah/JPNN)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta tetap pada rencana semula untuk merelokasi pedagang kali lima (PKL) Malioboro dalam waktu dekat. 

Beberapa PKL Malioboro mengadu DPRD Kota Yogyakarta sehingga terbentuklah Panitia Khusus (Pansus) Penataan PKL Malioboro. 

Ketua Pansus PKL Malioboro Antonius Foki Ardiyanto meminta pemerintah daerah agar tidak terburu-buru dalam merelokasi para pedagang ke tempat yang baru. 

Menurut dia, masih ada hal penting yang harus dilakukan terlebih dahulu, yaitu memverifikasi data PKL Malioboro yang akan menempati lokasi baru. 

“Sampai saat ini proses pendataan dan pendaftaran PKL Malioboro masih berjalan. Kami mengingatkan agar data tersebut diverifikasi langsung ke lapangan,” kata Antonius, Selasa (25/1).

Menurut dia, verifikasi langsung ke lapangan sangat penting dilakukan untuk mencocokkan data di atas kertas dengan data faktual di lapangan.

Hal tersebut harus dilakukan agar tidak ada pedagang sah yang kehilangan haknya di tempat baru.

“Saya mendengar informasi jika pendaftaran ini dilakukan melalui ketua paguyuban masing-masing,” katanya.

Ketua pansus PKL Malioboro meminta pemerintah daerah tidak berburu-buru dalam merelokasi para pedagang. Ada hal penting yang harus dilakukan.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News