Menimbang Alasan FIFA Melarang Rusia Tampil di Piala Dunia Qatar 2022

Selasa, 01 Maret 2022 – 14:20 WIB
Menimbang Alasan FIFA Melarang Rusia Tampil di Piala Dunia Qatar 2022 - JPNN.com Jogja
Timnas Rusia sedang melakukan latihan untuk kompetisi Euro 2020 di Petrovsky Stadium, Saint Petersburg, Rusia, pada 15 Juni 2021. Foto: REUTERS/EVGENIA NOVOZHENINA

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) dan Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) baru saja mengambil keputusan melarang Rusia untuk terlibat dalam semua kompetisi internasional, termasuk babak kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022. 

Skorsing terhadap Timnas Rusia berlangsung sampai waktu yang belum bisa ditentukan. UEFA bahkan telah mengakhiri kerja sama dengan Rusia Gazprom.

Tim putra Rusia dijadwalkan bermain dalam babak playoff kualifikasi pada Maret untuk Piala Dunia Qatar, sementara tim putrinya telah lolos ke putaran final Piala Eropa di Inggris yang akan digelar Juli.

Pengumuman itu juga mempengaruhi klub-klub Rusia yang terlibat dalam kompetisi Eropa.

"FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim perwakilan nasional maupun klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut," kata badan sepakbola dunia dan Eropa itu dalam pernyataan bersama seperti dikutip AFP.

Tim putra Rusia dijadwalkan bermain melawan Polandia pada babak semifinal playoff kualifikasi Piala Dunia pada 24 Maret.

Selanjutnya, akan menghadapi Swedia atau Republik Ceko pada 29 Maret guna memperebutkan satu tempat putaran final di Qatar akhir tahun ini.

Akan tetapi, tiga calon lawan mereka memboikot pertandingan tersebut karena menentang invasi Rusia terhadap Ukraina.

FIFA dan UEFA telah memboikot keikutsertaan Rusia dalam seluruh kompetisi internasional, termasuk Piala Dunia Qatar 2022. Apa alasannya?
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia