Pengamat Politik Bicara Soal Peluang Duet Puan-Ganjar di Pilpres 2024

Rabu, 18 Mei 2022 – 14:00 WIB
Pengamat Politik Bicara Soal Peluang Duet Puan-Ganjar di Pilpres 2024 - JPNN.com Jogja
Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Polemik yang muncul tentang dua kader terbaik PDI Perjuangan saat ini, yaitu Ketua DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuat publik bertanya-tanya siapa yang akan diusung oleh partai itu dalam Pilpres 2024.

Pengamat Politik dan Direktur Indo Strategi Research and Consulting Arif Nurul Imam mengatakan PDI Perjuangan masih melihat perkembangan elektabilitas dua kadernya, yakni Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

Jika elektabilitas Puan Maharani dapat dikerek naik, peluang Puan sangat besar akan diusung dalam Pilpres 2024 dari PDI Perjuangan.

"Namun jika elektabilitas Puan tetap stagnan, PDI Perjuangan dan Megawati akan realistis. Kemungkinan akan mengusung Ganjar Pranowo. Semua itu  masih tentatif, bisa saja PDI Perjuangan tetap memaksakan Puan Maharani maju pada Pilres 2024," kata Arif di kulon Progo, Rabu (18/5).

Terkait potensi Puan Maharani-Ganjar Pranowo dipasangkan dalam Pilpres 2024, menurutnya, akan terjadi stagnan lumbung suara.

Hal ini dikarenakan basis tradisional PDI Perjuangan dan simpatisan Ganjar Pranowo dan Puan Maharani yang memilih.

Hal ini akan berbeda bila keduanya disandingkan dengan calon lain, seperti Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan Prabowo Subianto.

"PDI Perjuangan tidak bisa mengusung calon sendiri dan harus berkoalisi. Menurut kami, PDI Perjuangan akan realistis dalam mengusung kadernya," katanya.

PDI Perjuangan dua kader yang berpeluang diusung dalam PIlpres 2024, yaitu Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Adakah peluang keduanya untuk dipasangkan?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News