Duh, 16 Warga Sleman Mengaku Namanya Dicatut Parpol

Selasa, 13 September 2022 – 15:01 WIB
Duh, 16 Warga Sleman Mengaku Namanya Dicatut Parpol - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Warga Sleman mengaku namanya dicatut parpol untuk pendaftara Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, SLEMAN - Enam belas warga Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengadu kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat bahwa identitas mereka telah dicatut oleh partai politik (parpol) untuk kepentingan pendaftaran Pemilu 2024.

Warga Sleman itu menemukan nama dan nomor induk kependudukan (NIK) mereka dalam keanggotaan parpol tertentu.

Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Humas, dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Sleman Arjuna Al Ichsan Siregar mengatakan nama dan NIK mereka tertera dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut dia, aduan tersebut diterima sejak Posko Pengaduan Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Bawaslu Sleman dibuka pada Agustus lalu.

"Sampai hari ini memang tercatat ada aduan dari masyarakat yang tersebar di tujuh kapanewon (kecamatan) yang ada di Kabupaten Sleman. Per hari ini (Senin), sementara berjumlah 16 orang. Enam belas orang ini semuanya merasa keberatan jika nama dan NIK-nya disalahgunakan dan dicatut sebagai anggota partai politik," kata dia.

Arjuna menjelaskan pengaduan terbanyak yang diterima Bawaslu Kabupaten Sleman berasal dari Kapanewon Gamping dan Moyudan, dengan masing-masing berjumlah tiga aduan.

Selain itu, satu aduan dari Kapanewon Ngaglik, tiga aduan dari Ngemplak, dua aduan dari Depok, satu aduan dari Godean, dan satu aduan dari Mlati.

"Sedangkan tiga aduan masih dalam proses melengkapi berkas tanggapan masyarakat dan surat pernyataan," katanya.

Bawaslu Sleman menerima aduan 16 warga yang merasa naman dan identitasnya dicatut oleh parpol untuk kepentingan pendaftaran Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News