Disdukcapil Bantul Akan Bantu KPU Memperbaiki Daftar Pemilih Pemilu 2024

Kamis, 01 Juni 2023 – 18:52 WIB
Disdukcapil Bantul Akan Bantu KPU Memperbaiki Daftar Pemilih Pemilu 2024 - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Daftar pemilih pada Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul, DIY akan bersinergi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk memperbaiki data pemilih pada Pemilu 2024.

Sebagaimana diketahui, masih terdapat beberapa masalah dalam daftar pemilih sementara yang sudah didapat oleh KPU berdasarkan proses pencocokan dan penelitian atau coklit.

Masih terdapat data pemilih yang ganda dan alamat pemilih tertulis di RT 000.

Kepala Disdukcapil Bantul Bambang Purwadi mengatakan lembaganya masih terus berupaya untuk mendorong masyarakat agar aktif melakukan perbaikan elemen data kependudukan apabila ditemukan data yang kurang akurat atau perlu dilengkapi.

Menurutnya, perbaikan data penduduk perlu dilakukan sebelum kebijakan single indentity number sudah benar-benar diimplementasikan.

"Mekanisme pemutakhiran atau perbaikan elemen data kependudukan dengan cara penduduk mengajukan permohonan kepada Disdukcapil dengan melakukan pengisian Surat Pernyataan Perubahan Elemen Data Kependudukan yang disiapkan Disdukcapil Bantul," ujar dia.

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho mengatakan dia ingin memastikan data yang ada benar-benar akurat sehingga bisa meningkatkan kepercayaan publik kepada penyelenggara pemilu.

Didik memastikan bahwa KPU Bantul melakukan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilu 2024 berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2007 tentang Pemilu, PKPU Nomor 7 tahun 2022 sebagaimana telah diubah dalam PKPU 7 Tahun 2023 tentang Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Sistem Informasi Data Pemilih, serta Keputusan KPU RI Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Negeri pada Pemilu.

KPU Bantul menggandeng Disdukcapil untuk membantu memperbaiki data pemilih pada Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia