Pentingnya Isu Lingkungan untuk Menentukan Pilihan pada Pemilu 2024

Senin, 12 Februari 2024 – 10:01 WIB
Pentingnya Isu Lingkungan untuk Menentukan Pilihan pada Pemilu 2024 - JPNN.com Jogja
Ilustrasi banjir bandang. Foto: dok JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Isu lingkungan menjadi yang paling banyak dipertimbangkan oleh generasi muda dalam menentukan pilihan pada Pemilu 2024.

Hal itu berdasarkan pada survei yang dilakukan oleh PilahPilih.id, sebuah inisiator survei daring dan forum diskusi lintas sektor beberapa kota, seperti Malang, Semarang, Yogyakarta dan Purworejo.

Co-inisiator pilahpilih.id Michelle Winowatan mengatakan sembilan dari sepuluh anak muda yang mereka survei mengaku khawatir dengan lingkungan dan perubahan iklim di Indonesia.

"Isu lingkungan terus disuarakan anak muda pada momen menjelang Pemilu 2024," kata dia saat pemutaran film pendek dan diskusi menyuarakan isu lingkungan menjelang Pemilu 2024 di Yogyakarta, Minggu (11/2).

Dia mengatakan bahwa isu lingkungan menjadi faktor kunci pemilih muda pada pemilu tahun ini.

"Anak muda nantinya 20 sampai 30 tahun ke depan akan berhadapan dengan berbagai bencana dan akibat lainnya kalau krisis iklim ini tidak ditangani. Itu mengapa isu iklim dan lingkungan harus menjadi isu prioritas pemilih muda diantara agenda-agenda politik yang berkompetisi satu dengan yang lain," katanya.

Direktur Eksekutif KDM Cinema dan inisiator Youth Screen Suluh Pamuji mengatakan program menonton film pendek dan diskusi isu lingkungan bertujuan agar pemilih muda dapat mengakses hiburan yang memantik daya kritis.

"Ini secara kebetulan di awal-awal karena konteksnya 2024 adalah pemilu, maka program ini bisa dipertajam agar lebih kontekstual. Di volume lima ini isu lingkungan menjadi penting karena di setiap daerah itu punya masalahnya sendiri-sendiri," katanya.

Isu lingkungan ternyata menjadi yang paling dipertimbangkan oleh pemilih muda untuk menentukan pilihan pada Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News