Masuk Daftar 100 Ilmuwan Sosial Berpengaruh di Indonesia, Seperti Ini Indeks Penilaian Haedar Nashir

Rabu, 16 Februari 2022 – 15:01 WIB
Masuk Daftar 100 Ilmuwan Sosial Berpengaruh di Indonesia, Seperti Ini Indeks Penilaian Haedar Nashir - JPNN.com Jogja
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengusulkan hal ini untuk mencegah klitih.(Foto: ANTARA/HO/PP Muhammadiyah)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Alper-Doger (AD) Scientific Index menempatkan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir sebagai Top 100 Ilmuwan Sosial di Indonesia tahun 2022.

Penilaian AD Scientific Index berdasarkan kerja-kerja ilmiah Haedar Nashir di bidang sosial, misalnya produktivitas selama lima tahun terakhir.

Humas PP Muhammadiyah Adam Qodar mengatakan bahwa sumber data dari AD Scientific Index adalah Google Scholar dengan atribut penilaian seperti, total h-index, i10 index, dan sitasi.

Ia menjelaskan h-index merupakan indeks yang mencoba untuk mengukur baik produktivitas dan pengaruh dari karya yang diterbitkan seorang peneliti.

Sedangkan i10 index adalah skor dari seorang peneliti dalam publikasi yang memiliki karya ilmiah lalu dikutip oleh minimal 10 karya ilmiah.

Sitasi adalah jumlah karya ilmiah yang dikutip dan menjadi sumber rujukan karya ilmiah.

"Dalam keterangan dari AD Scientific Index, syarat utama masuk dalam penilaian sebagai top ilmuwan maka peneliti minimal memiliki 300 sitasi," kata Adam.

Dia mengatakan sekitar 743.755 ilmuwan yang masuk dalam daftar peringkat dunia, 1.273 di antaranya berasal dari Indonesia.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir masuk dalam 100 Ilmuwan Sosial berpengaruh di Indonesia versi AD Scientific Index. Seperti ini penilaiannya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News