Son of Omicron Sudah Masuk DIY, Sebanyak Ini Sampel yang Ditemukan, Lebih Cepat Menular

Kamis, 03 Maret 2022 – 15:34 WIB
Son of Omicron Sudah Masuk DIY, Sebanyak Ini Sampel yang Ditemukan, Lebih Cepat Menular - JPNN.com Jogja
Subvarian Omicron sudah masuk DIY sejak bulan lalu. Foto Ilustrasi/Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Covid-19 subvarian Omicron BA.2 yang kerap dijuluki Son of Omicron ternyata sudah masuk ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kelompok Kerja Genetik Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) mendeteksi tujuh kasus subvarian Omicron tersebut. 

BA.2 terdeteksi pada whole genome sequencing (WGS) yang dilakukan di Laboratorium FKKMK UGM pada awal Februari 2022.

"BA.2 sudah ada di DIY berdasarkan running awal Februari 2022," kata Ketua Pokja Genetik UGM dr Gunadi.

Dia menjelaskan 39 dari 47 sampel yang diperiksa di Labarotorium FKKMK UGM dinyatakan positif Omicron, sedangkan 8 lainnya positif varian Delta.

Setelah dilakukan pendalaman, menurut Gunadi, dari 39 sampel yang terkonfirmasi positif Omicron, tujuh di antaranya diketahui merupakan subvarian Omicron BA.2, sedangkan 32 lainnya adalah BA.1 atau bentuk asli Omicron.

Gunadi menjelaskan varian BA.2 yang juga dijuluki siluman Omicron itu memiliki kemampuan penularan lebih cepat dibandingkan BA.1.

Meskipun demikian, dia belum dapat memperinci identitas orang yang sampelnya terkonfirmasi positif Omicron  BA.1 maupun BA.2. 

Covid-19 subvarian Omicron ternyata sudah terdeteksi di DIY sejak Februari lalu. Lebih cepat menular dan tingkat keparahan lebih tinggi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia