Hasil Tryout Siswa SMP di Yogyakarta, Mapel IPA Mengecewakan

Senin, 18 April 2022 – 09:03 WIB
Hasil Tryout Siswa SMP di Yogyakarta, Mapel IPA Mengecewakan - JPNN.com Jogja
Tryout siswa SMP di Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Yogyakarta sudah tiga kali menjalani uji coba atau trayout Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD).

Berdasarkan hasil trayout tersebut, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta mendapatkan hasil bahwa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) masih rendah.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Hasyim mengatakan rata-rata nilai dari hasil tryout belum maksimal.

"Dari empat mata pelajaran (mapel) yang diujikan, nilai paling rendah adalah dari mata pelajaran IPA,” kata Hasyim.

Siswa SMP di Kota Yogyakarta telah menjalani tiga kali tryout atau tes pendalaman materi sebagai persiapan menghadapi ASPD yang dijadwalkan dilakukan pada pertengahan Mei 2022.

Dua kali tes digelar oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta dan satu kali tes digelar oleh Pemerintah DIY.

Seluruhnya dilakukan semi daring sebagai simulasi tes yang sebenarnya.

Hasyim mengatakan bahwa tryout untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris menunjukkan hasil yang lebih baik meskipun dinilai belum memuaskan, begitu pula dengan Matematika.

Disdikpora Kota Yogyakarta mengaku kecewa dengan hasil tryout mata pelajaran IPA siswa SMP karena nilainya menjadi yang terendah.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia