Satpol PP DIY Tak Akan Membubarkan Takbiran Keliling, Tetapi Ada Syaratnya

Jumat, 29 April 2022 – 14:45 WIB
Satpol PP DIY Tak Akan Membubarkan Takbiran Keliling, Tetapi Ada Syaratnya - JPNN.com Jogja
Ilustrasi takbiran keliling. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Saat malam takbiran menjelang Idulfitri, masyarakat di Yogyakarta biasanya menggelar konvoi atau arak-arakan keliling. 

Tahun ini Satpol PP Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mengawal pelaksanaan takbiran keliling di lima kabupaten/kota.

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad mengatakan petugas yang diterjunkan khusus berfokus pada penerapan protokol kesehatan (prokes) para peserta takbir keliling.

"Jika masyarakat tetap menggelar takbir keliling, kami tidak membubarkan, tetapi kami akan mengawasi prokesnya. Jika ada yang membawa petasan akan langsung kami sita," kata dia.

Terkait perayaan malam takbiran tahun ini Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY menyarankan masyarakat setempat tidak menggelar takbir keliling mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Silakan kita semarakkan dengan takbir, tahmid, dan syukur. Tidak harus dengan takbir keliling," kata Kepala Kanwil Kemenag DIY Masmin Afif saat dihubungi, Jumat (29/4).

Menurut Masmin, menyiarkan atau menyebarkan agama tidak harus dengan menggelar takbir keliling atau menyusuri jalan.

"Menyiarkan tidak harus dengan cara-cara di jalan," kata dia.

Masyarakat di Yogyakarta sepertinya diizinkan untuk menggelar takbiran keliling. Satpol PP DIY hanya akan mengawasi penerapan protokol kesehatan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia