Warga Yogyakarta Boleh Salat Idulfitri di Lapangan, Alhamdulillah

Sabtu, 30 April 2022 – 16:15 WIB
Warga Yogyakarta Boleh Salat Idulfitri di Lapangan, Alhamdulillah - JPNN.com Jogja
Warga Yogyakarta diizinkan salat Idulfitri di lapangan. Foto : Biro Pers Sekretariat Presiden)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Warga Kota Yogyakarta akhirnya diizinkan untuk salat Idulfitri 1443 Hijriah di lapangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Izin itu dikeluarkan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta dan Pemerintah Kota Yogyakarta setelah mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19 yang mulai melandai.

“Perkembangan kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta akhir-akhir ini sudah turun. PPKM pun sudah turun level sehingga salat Idulfitri bisa kembali digelar berjemaah di tanah lapang atau masjid,” kata Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Nur Abadi, Sabtu (30/4).

Meskipun boleh salat di lapangan, Kemenag Yogyakarta mengingatkan jemaah agar patuh pada penerapan protokol kesehatan karena pandemi belum usia.

Nur mengatakan pemerintah tidak ingin ada lonjakan kasus Covid-19 setelah Lebaran.

Sedangkan untuk aktivitas takbir keliling belum diizinkan karena dinilai memiliki risiko besar terjadi penularan.

Takbiran dapat dilakukan di masjid tanpa harus berkeliling lingkungan.

“Takbiran tetap diizinkan tetapi hanya dilakukan di masjid atau musala saja. Tidak perlu berkeliling karena pasti akan diikuti banyak orang dan rentan terpapar,” katanya.

Pemkot Yogyakarta dan Kemenag Kota Yogyakarta mengizinkan warga untuk salat Idulfitri di masjid atau lapangan. Alhamdulillah.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News