Warga Yogyakarta yang Belum Ikut BPJS Kesehatan Bisa dapat Jaminan Persalinan, Ini Syaratnya

Jumat, 22 Juli 2022 – 19:34 WIB
Warga Yogyakarta yang Belum Ikut BPJS Kesehatan Bisa dapat Jaminan Persalinan, Ini Syaratnya - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Jaminan persalinan untuk warga Kota Yogyakarta. Foto: dok RSIA Bunda Jakarta

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Warga Kota Yogyakarta yang belum ikut dapat program jaminan kesehatan nasional seperti BPJS Kesehatan, tetap bisa memperoleh jaminan persalinan.

Pemerintah Kota Yogyakarta ternyata memiliki program pendaftaran penduduk oleh pemerintah daerah (PDPD) yang masih tetap berlaku meskipun saat ini ada jaminan kesehatan nasional.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan selain harus memiliki identitas sebagai warga Kota Yogyakarta, ada syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan jaminan persalinan melalui PDPD.

"Asalkan pasien mau menjalani perawatan di kelas tiga, bisa mengakses jaminan persalinan," katanya, Jumat (22/7).

Emma mengatakan sebelum adanya BPJS Kesehatan, program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) sudah aktif dan menggunakan dana APBD Kota Yogyakarta.

Namun, layanan tersebut berubah seiring dengan diberlakukannya program universal coverage melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Pemerintah Kota Yogyakarta tetap berupaya memberikan dukungan pemberian jaminan persalinan melalui program PDPD dengan sistem sesuai JKN bagi warga yang belum terkover," ujar Emma.

Dengan mengakses jaminan persalinan melalui PDPD, warga Kota Yogyakarta juga bisa memperoleh keuntungan sesuai aturan yang berlaku saat melahirkan.

Warga Kota Yogyakarta yang belum memiliki BPJS Kesehatan ternyata bisa mendapat jaminan persalinan melalui program Pemkot Yogyakarta.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia