2 Bangjo di Kota Yogyakarta Dilengkapi dengan Fasilitas ATCS, Ini Fungsinya

Kamis, 28 Juli 2022 – 13:02 WIB
2 Bangjo di Kota Yogyakarta Dilengkapi dengan Fasilitas ATCS, Ini Fungsinya - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Bangjo di Kota Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dua persimpangan yang terdapat lampu lalu lintas atau bangjo (abang ijo) di Kota Yogyakarta akan segera dilengkapi dengan fasilitas area traffic control system (ATCS).

Dua bangjo yang akan terpasang fasilitas ATCS ada di simpang pingit dan lempuyang wangi.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto mengatakan pemasangan fasilitas ATCS di dua simpang tersebut juga akan dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti speaker atau pengeras suara yang bisa dimanfaatkan petugas untuk memberikan peringatan kepada pengguna jalan.

"Akan segera kami pasang, sedang proses," ujar dia.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta tahun ini memiliki anggara Rp 600 juta untuk memasang fasilitas ATCS di beberapa bangjo.

Saat ini, sejumlah lampu lalu lintas yang terhubung dengan ATCS juga sudah didukung fasilitas pengeras suara di antaranya di simpang empat SGM, simpang Sentul, simpang Jalan Cendana, simpang Permata, dan simpang Gondomanan.

Dinas Perhubungan menargetkan 52 simpang yang ada di Kota Yogyakarta akan terhubung dalam ATCS yang juga dilengkapi pengeras suara dengan pengadaan bertahap.

Melalui ATCS, dimungkinkan pengaturan durasi lampu lalu lintas bisa dilakukan lebih mudah karena bisa langsung dikontrol secara terpusat disesuaikan kondisi lalu lintas di lapangan sehingga bisa mengurai antrean kendaraan.

Dua bangjo di Kota Yogyakarta yang segera dipasang fasilitas ATCS agar lalu lintas bisa makin terkendali.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News