Ternyata, Ini Tujuan Penonaktifan 3 Guru dan Kepala SMAN 1 Banguntapan

Jumat, 05 Agustus 2022 – 11:00 WIB
Ternyata, Ini Tujuan Penonaktifan 3 Guru dan Kepala SMAN 1 Banguntapan - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Tujuan penonaktifan guru SMAN 1 Banguntapan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akhirnya mengambil keputusan untuk menonaktifkan sementara tiga guru dan Kepala SMAN 1 Banguntapan, Bantul.

Keempatnya dinilai terlibat dalam dugaan kasus pemaksaan berjilbab terhadap salah seorang siswi baru.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY Didik Wadaya mengatakan keputusan itu sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2015 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

"Pertimbangan ini dalam rangka memberikan kesempatan kepada yang bersangkutan agar lebih fokus dan konsentrasi, serta tidak mengganggu proses kegiatan belajar mengajar sampai diterbitkannya keputusan administrasi," ujar Didik, Kamis (4/8).

Kepada siswi yang diduga dipaksa memakai jilbab, kata dia, diberikan kesempatan untuk tetap bersekolah di SMA Negeri 1 Banguntapan atau ditempatkan di sekolah lain sesuai dengan formasi pada rombongan belajar.

Didik menegaskan kebijakan itu tetap mempertimbangkan masukan dari orang tua dan psikolog pendamping dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Daerah Kota Yogyakarta.

"Untuk sementara jika belum memungkinkan siswa tersebut mengikuti pembelajaran tatap muka, sekolah diharapkan dapat memfasilitasi dengan pembelajaran daring," ujarnya.

Menurut Didik, Disdikpora DIY akan bekerja sama dengan Bandiklat DIY untuk memberikan pelatihan tentang Wawasan Kebangsaan dan Nilai-nilai Keistimewaan DIY.

Kepala Disdikpora Didik Wadaya menjelaskan maksud dari keputusan menonaktifkan tiga guru dan Kepala SMAN 1 Banguntapan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News