Ada Perubahan Arus Lalu Lintas di Jalan Gambiran, Warga Jogja Wajib Tahu

Rabu, 17 Agustus 2022 – 09:00 WIB
Ada Perubahan Arus Lalu Lintas di Jalan Gambiran, Warga Jogja Wajib Tahu - JPNN.com Jogja
Perubahan arus lalu lintas di Jalan Gambiran. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta mengubah arus lalu lintas di Jalan Gambiran untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang biasa terjadi pada pagi dan sore hari.

Arus lalu lintas di Jalan Gambiran yang semula bisa dilintasi dua arah, akan diterapkan satu arah dari utara ke selatan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto mengatakan kebijakan itu akan mulai diuji coba pada 30 Agustus 2022.

"Berlaku untuk semua jenis kendaraan, tidak ada pengecualian," kata Windarto, Selasa (16/8).

Perubahan Jalan Gambiran dari dua arah menjadi searah tersebut hanya akan diberlakukan di ruas jalan sisi selatan atau dari simpang empat SPBU Gambiran hingga simpang tiga pertemuan dengan Jalan Pramuka.

Menurut Windarto, Jalan Gambiran yang memiliki lebar 4,5-5 meter tersebut memiliki indeks VCR atau perbandingan antara volume kendaraan dan kapasitas jalan sebesar 0,93 pada pagi dan sore hari. Situasi itu masuk dalam kategori hampur macet.

Selain itu, pertemuan arus lalu lintas di ujung selatan Jalan Gambiran dengan Jalan Pramuka juga dinilai rawan kecelakaan sehingga diperlukan perubahan manajemen lalu lintas untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan.

"Kami tidak mengubah Jalan Pramuka menjadi searah ke utara karena justru akan menimbulkan kepadatan di kedua ruas jalan. VCR di Jalan Gambiran tidak akan turun signifikan. Masih di kisaran 0,7 karena semua kendaraan akan masuk ke Gambiran yang tidak terlalu lebar," katanya.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan mengubah jalur arus lalu lintas di Jalan Gambiran. Uji coba dimulai pada 30 Agustus 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News