Harga Telur Ayam di Jogja Menyentuh Angka Tertinggi, Ini Sebabnya

Selasa, 23 Agustus 2022 – 19:15 WIB
Harga Telur Ayam di Jogja Menyentuh Angka Tertinggi, Ini Sebabnya - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Harga telur ayam naik. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Harga telur ayam ras di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyentuh angka tertinggi pada tahun ini, yaitu Rp 30.000 per kilogram.

Kepala Bidang Ketersediaan Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Riswanti mengatakan harga telur ayam beberapa hari terakhir terus menunjukkan tren kenaikan.

Kenaikan harga telur ayam tidak hanya terjadi di pasar-pasar tradisional Kota Yogyakarta saja, tetapi terjadi merata di seluruh wilayah DIY.

Menurut Riswanti, salah satu faktor yang diperkirakan menjadi penyebab kenaikan harga telur ayam ras adalah menurunnya produksi telur ayam di peternak.

Selain itu, cairnya dana PKH dan bantuan sosial dari pemerintah membuat peternak memilih untuk menaikkan harga produk mereka.

“Karena dana bantuan sosial sudah turun, maka komoditas telur sudah diborong sejak dari kandang atau sejak dari peternak sehingga mempengaruhi harga di pasar tradisional,” katanya.

Sebelumnya, harga tertinggi untuk komoditas telur ayam ras di pasar tradisional di Kota Yogyakarta mencapai sekitar Rp 28.000 per kilogram yang kemudian turun menjadi Rp 24.000 per kilogram.

“Bahkan, harga telur pernah turun menjadi Rp 18.000 per kilogram. Jadi, harga telur saat ini sudah tergolong sangat tinggi,” katanya.

Harga telur ayam di Jogja menyentuh angka tertinggi, yaitu Rp 30.000 per kilogram. Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta menduga ada beberapa penyebabnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News