Ingin Mengenal Sosok Buya Syafii? Silakan Mampir dan Lihat Koleksi Buku-bukunya

Kamis, 10 November 2022 – 21:19 WIB
Ingin Mengenal Sosok Buya Syafii? Silakan Mampir dan Lihat Koleksi Buku-bukunya - JPNN.com Jogja
Koleksi buku-buku milik almarhum Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Demi mengenang sosok cendikiawan muslim Ahmad Syafii Maarif, pengurus Suara Muhammadiyah menginisiasi pendirian Serambi Buya Syafii yang menampung sekitar 9.000 koleksi buku, catatan, dan benda-benda milik almarhum Buya Syafii.

Serambi Buya Syafii berlokasi di Kompleks Perumahan Nogotirto, Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir yang hadir secara langsung untuk meresmikan Serambi Buya Syafii mengatakan tempat itu adalah ruang publik, diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengenal sosok Buya Syafii.

"Baik melalui koleksi buku dengan karya-karyanya, bahkan bagian dari aktivitas hidupnya, dan benda-benda yang terkait dengan beliau," ujar Haedar Nashir pada Kamis (10/11).

Haedar mengatakan Serambi Buya Syafii layaknya museum yang berisi koleksi karya-karya Buya Syafii dan tokoh-tokoh lain yang menjadi referensinya.

Bahkan, di Serambi Buya Syafii Anda bisa menemukan koleksi tongkat, lukisan, dan sepeda yang biasa digunakan Buya dalam kesehariannya.

Haedar berharap banyak generasi muda yang datang ke Serambi Buya Syafii untuk belajar, mengenal dan meneladani almarhum.

"Agar generasi milenial ini tidak menjadi less generation yang tercerabut dari akar budayanya karena tidak mengenal tokohnya, termasuk tokoh-tokoh pendiri bangsa. Ini yang perlu kami suarakan," ujar Haedar.

Suara Muhammadiyah mendirikan Serambi Buya Syafii untuk mengenang sosok almarhum Ahmad Syafii Maarif. Di sana ada ribuan koleksi buku dan benda bersejarah.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia