Jelang Nataru, Sebegini Harga Barang Kebutuhan Pokok di Yogyakarta

Jumat, 16 Desember 2022 – 18:19 WIB
Jelang Nataru, Sebegini Harga Barang Kebutuhan Pokok di Yogyakarta - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Harga barang kebutuhan pokok di Yogyakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sebentar lagi masyarakat Indonesia akan merayakan libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Sebagai salah satu tujuan wisata, Kota Yogyakarta perlu mempersiapkan strategi untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi memastikan bahwa Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Yogyakarta telah bekerja untuk memantau dan mengendalikan harga dan stok barang-barang kebutuhan pokok selama Nataru.

Menurut Sumadi, tidak ada gejolak harga bahan kebutuhan pokok menjelang akhir tahun, baik di pasar tradisional maupun modern. Ketersediannya pun dinilia mencukupi.

"Dari hasil pemantauan, tidak ada gejolak harga yang signifikan meskipun ada beberapa harga yang dirasa masih tinggi seperti daging dan ayam. Namun, rata-rata harga cukup stabil," kata Sumadi, Jumat (16/12).

Bahkan, lanjut dia, sejumlah bahan kebutuhan pokok di Pasar Prawirotaman Yogyakarta dijual dengan harga yang lebih rendah dibandingkan pasar tradisional lain yang selama ini menjadi rujukan untuk pemantauan kondisi inflasi di Yogyakarta.

Sedangkan untuk persediaan bahan pokok, Sumadi mengatakan sudah berkoordinasi dengan distributor sehingga jika ada kenaikan permintaan, bisa langsung dipenuhi.

"Biasanya, menjelang akhir tahun ada kenaikan permintaan dan ini harus diantisipasi. Dengan demikian, tidak ada kelangkaan bahan kebutuhan pokok sehingga tidak ada gejolak harga di tingkat pedagang," katanya.

Jelang libur Nataru 2023, Pemkot Yogyakarta memastikan bahwa tidak ada gejolak harga barang-barang kebutuhan pokok.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News