Mahfud MD Sebut Ada Praktik Industri Hukum di Berbagai Daerah

Selasa, 16 Mei 2023 – 19:00 WIB
Mahfud MD Sebut Ada Praktik Industri Hukum di Berbagai Daerah - JPNN.com Jogja
Menkopolhukam Mahfud MD. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD berkunjung ke Yogyakarta dalam rangka rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pembangunan Daerah DIY Triwulan I Tahun Anggaran 2023 di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan pada Selasa (16/5).

Seusai pertemuan, Mahfud MD bercerita soal adanya laporan tentang praktik industri hukum di berbagai daerah. Menurut dia, industri hukum dijalankan oleh beberapa oknum penegak hukum untuk memperoleh keuntungan pribadi.

"Di daerah itu banyak sekali sekarang apa yang disebut industri hukum. Aturan dibuat atau diberlakukan untuk mengambil keuntungan," kata Mahfud.

Praktik industri hukum itu, kata dia, sudah dibahas dalam rapat lintas kementerian yang melibatkan unsur Kemendagri, Kejaksaan Agung, Polri, Kemenpan RB, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Salah satu laporan yang diterima Mahfud soal industri hukum datang dari Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji.

Melalui surat yang disampaikan kepada Mahfud, Sutarmidji mengaku resah sebab di tengah proyek pembangunan yang sedang berlangsung di Kalbar, tiba-tiba muncul oknum jaksa yang melakukan pemeriksaan dengan tuduhan adanya dugaan korupsi.

"Proyek sedang berjalan, sudah diperiksa oleh jaksa. Jaksa memanggil, katanya korupsi ini sehingga orang menjadi takut melakukan proyek. Nah, jaksanya cuma memeras saja itu," ujar Mahfud.

Setelah memeriksa dengan tuduhan melanggar hukum, lanjut Mahfud, kejaksaan setempat tidak kunjung memberikan keputusan hukum terkait ada atau tidaknya tersangka dalam proyek itu.

Menkopolhukam Mahfud MD menyebut bahwa dia mendapat laporan tentang praktik industri hukum di berbagai daerah. Melibatkan oknum jaksa dan polisi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News