Harga Komoditas Pangan Pascalebaran 2024, Daging Ayam Masih Mahal

Rabu, 17 April 2024 – 20:03 WIB
Harga Komoditas Pangan Pascalebaran 2024, Daging Ayam Masih Mahal - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Harga daging di Bantul. Foto: Humas Pemkot Jogja

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) harganya masih cukup tinggi meskipun Lebaran 2024 telah berlalu.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Bantul mencatat bahwa harga daging ayam dan daging sapi masih cukup tinggi karena permintaan yang juga tinggi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Bantul Husin Bahri mengatakan suplai daging ayam dan daging sapi masih terbatas.

"Akan tetapi, harganya tidak naik karena sudah naik dari periode sebelum Lebaran kemarin dan kecenderungan sekarang ini masih stabil tinggi," katanya pada Rabu (17/4).

Harga daging di pasaran saat ini kurang lebih sekitar Rp 38 ribu per kilogram, sementara dalam kondisi normal sekitar Rp 30 ribu sampai Rp 32 ribu per kilogram.

"Saat ini harga masih cenderung bertahan, belum mengalami penurunan," ucapnya.

Sedangkan untuk harga daging sapi, kata dia, idealnya rata-rata sebesar Rp 120 ribu per kilogram, tetapi sekarang berada pada kisaran Rp 145 ribu per kilogram sehingga harganya relatif tinggi sejak mengalami kenaikan beberapa waktu lalu.

"Kecenderungannya sudah mulai turun pelan-pelan karena mungkin saat Idulfitri dan Ramadan permintaannya sangat tinggi. Setelahnya cenderung stabil. Untuk komoditas lain secara umum stabil dan tercukupi kondisinya," katanya.

Dinas perdagangan Kabupaten Bantul mencatat masih ada komoditas pangan yang harganya tinggi meskipun Lebaran 2024 telah berlalu.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News