Cara UGM Mengejar Kenaikan Peringkat World University Ranking

Minggu, 23 Januari 2022 – 15:15 WIB
Cara UGM Mengejar Kenaikan Peringkat World University Ranking - JPNN.com Jogja
Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sedang berupaya untuk mengejar kenaikan peningkatan peringkat di QS World University Rankings (WUR).

Salah satu yang dipakai dan diandalkan oleh UGM adalah dengan mengerahkan peran alumni yang tersebar di berbagai daerah di Tanah Air.

"Reputasi UGM di kancah internasional oleh masyarakat dunia diukur dalam bentuk berbagai pemeringkatan. Untuk peningkatan ranking itu perlu kerja sama dengan para alumni," kata Rektor UGM Prof Panut Mulyono, Minggu (23/1).

Panut menyebutkan peringkat UGM dalam QS World University Rankings (WUR) Tahun 2022 berada pada posisi 254 dunia.

Dengan peringkat tersebut, UGM tetap menjadi universitas terbaik di Indonesia versi QS WUR.

Pemerintah, kata Panut, mendorong UGM meningkatkan ranking tersebut sehingga tidak tertinggal dari kampus lain di negara- negara tetangga.

"Perguruan tinggi di Indonesia masih ketinggalan jauh dengan negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand sehingga pemerintah juga tidak mau ini dibiarkan," ujar Panut.

Untuk mengejar peringkat itu, Rektor UGM Panut Mulyono mengumpulkan para alumni yang tergabung dalam Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Sumatera Selatan dalam acara focus group discussion (FGD) World Class University pada Sabtu (22/1) di Palembang.

UGM berupa untuk menaikkan peringkat rangking universitas dunia, bagaimana caranya?
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News