Kasus Ibu Bunuh Anak di Brebes, Begini Penjelasan Psikolog UST Yogyakarta

Kamis, 24 Maret 2022 – 22:15 WIB
Kasus Ibu Bunuh Anak di Brebes, Begini Penjelasan Psikolog UST Yogyakarta - JPNN.com Jogja
Jatu Anggraeni Psikolog sekaligus dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Seorang ibu di Brebes, Jawa Tengah diamankan polisi lantaran menghabisi nyawa anak kandungnya sendiri. 

Perempuan berinisial KU itu berdalih melakukan tindakan tersebut agar sang anak tidak menderita seperti yang ia rasakan semasa kecil. 

Psikolog Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta Jatu Anggraeni mengatakan harus segera dilakukan pemeriksaan terkait kondisi mental perempuan tersebut.

Menurutnya, perilaku agresif seseorang terhadap orang-orang terdekat dapat dijelaskan dari beberapa pendekatan psikologi. 

Pertama, adanya konflik-konflik intrapsikis yaitu dorongan batin dari individu seperti agresi yang bertentangan dengan aturan dan norma sosial di masyarakat.

Aturan dan norma moral ini, katanya, diinternalisasikan sebagai bagian dari individu sehingga terjadi konflik antar kekuatan internal yang berlawanan. 

"Hal ini yang membuat individu mempunyai tingkah laku, pikiran dan emosi hasil pertentangan di dalam dirinya," kata Jatu, kepada JPNN Jogja

Misalnya, saat seseorang pernah memiliki pengalaman mendapatkan tindakan kasar atau diabaikan, hal itu akan membuat yang bersangkutan kecewa dan tertekan.

Psikolog UST Yogyakarta Jatu Anggraeni mengatakan ada beberapa pendekatan psikologi mengenai ibu di Brebes yang menghabisi nyawa anaknya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia