Lihat Ulah Omicron, Kasus Covid-19 di Yogyakarta Meningkat 70 Kali Lipat dalam 2 Pekan

Kamis, 10 Februari 2022 – 22:10 WIB
Lihat Ulah Omicron, Kasus Covid-19 di Yogyakarta Meningkat 70 Kali Lipat dalam 2 Pekan - JPNN.com Jogja
Kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta (Foto: Januardi/JPNN)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta meningkat 70 kali lipat hanya dalam waktu dua pekan. 

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta menduga peningkatan yang signifikan itu tidak lepas dari varian Omicron yang telah masuk ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Dalam waktu dua pekan terakhir, ada peningkatan kasus yang cukup cepat dan terjadi pergeseran temuan kasus dari awalnya pelaku perjalanan menjadi penularan keluarga,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi, Kamis (10/2).

Menurut dia, laju pertumbuhan kasus aktif yang cukup cepat tersebut perlu diimbangi dengan kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan dan penguatan pengawasan dari lingkungan melalui Posko PPKM Mikro berbasis RT.

“Varian Omicron memiliki karakteristik penularan yang cepat meskipun tingkat keparahan tidak tinggi. Tetapi, bagi penderita komorbid atau imun lemah bisa meningkatkan keparahan. Jadi, tetap perlu diwaspadai,” katanya.

Heroe meminta seluruh Posko PPKM Mikro diaktifkan kembali untuk membantu melakukan pemantauan pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan masyarakat.

Selain itu, juga dilakukan pelacakan yang lebih luas sesuai potensi kontak erat dari pasien terkonfirmasi positif.

“Biasanya dari satu kasus bisa dilakukan pelacakan kepada lebih dari 30 orang. Jumlah pelacakan ini pun disesuaikan dengan kontak erat pasien,” katanya.

Kasus Covid-19 di Yogyakarta meningkat 70 kali lipat dalam dua pekan. Diduga karena varian Omicron.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia