Bawaslu Kulon Progo Akan Menggandeng Ormas untuk Mengawasi Pemilu 2024

Rabu, 17 Agustus 2022 – 10:00 WIB
Bawaslu Kulon Progo Akan Menggandeng Ormas untuk Mengawasi Pemilu 2024 - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Proses Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Proses Pemilu 2024 saat ini sedang masuk dalam tahap pendaftaran dan verifikasi partai politik.

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta masyarakat untuk terlibat dalam mengawasi tahapan Pemilu 2024.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulon Progo Ria Harlinawati mengatakan pemilu yang bersih dan berintegritas hanya bisa terwujud jika melibatkan semua elemen masyarakat.

Oleh karena itu, Bawaslu Kulon Progo dalam waktu dekat akan menggandeng berbagai organisasi kemasyarakatan yang bergerak dalam bidang keagamaan, kepemudaan, sosial, dan lainnya.

"Hal ini merupakan salah satu ikhtiar untuk mencegah potensi pelanggaran. Bersama masyarakat dan pemangku kepentingan kami akan mengawal Pemilu 2024 di Kulon Progo,” kata Ria Harlinawati.

Ia mengatakan saat ini sudah masuk tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik sehingga salah satu ketugasannya adalah mengawasi dan menangani pelanggaran serta menyelesaikan sengketa pemilu.

"Bawaslu Kulon Progo juga diberi amanah undang-undang diminta melakukan pencegahan," katanya.

Anggota KPU Kabupaten Kulon Progo Hidayatut Toyyibah mengatakan salah satu bentuk partisipasi masyarakat adalah aktif mengecek keanggotaan partai politik melalui aplikasi yang telah disediakan oleh KPU RI.

Warga Kulon Progo diminta untuk terlibat langsung dalam pengawasan Pemilu 2024. Bawaslu akan menggandeng organisasi kemasyarakatan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia